Kamis

Catatan Si Ucok

By  : Q Ameen

Kalau dalam masalah prestasi gue adalah orang yang terlahir dengan kemampuan biasa-biasa aja. Dulu waktu di Madrasah 'Aliyah, jangankan untuk maju sebagai juara umum di sekolah, untuk jadi juara kelas saja susah. Nah oleh sebab itu gue tidak terlalu terkenal di kalangan para guru. Hehehe… kacian buanget dech….
Sebenarnya gue bukan tipe orang yang suka coret-coret buku, tapi ntah kenapa malam ini gue sangat terobsesi untuk jadi orang pintar, sehingga bikin susah tidur. Dan sepertinya hati ini kurang bersahabat, nggak tau juga sih penyebabnya apa, tapi yang jelas kata orang hati yang gundah disebabkan kurang baca Al-qu'an, ah nggak juga deh, bahkan dalam satu hari ini gue sudah membacanya dua juz, atau sekitar empat puluh halaman. Bisa jadi kurang komunikasi sama ortu kali ya?? Hmm… kayaknya juga nggak deh, masalahnya tadi siang ortu juga udah nelfon (hahaha… anak mami banget ciiiih… pake ditelfon sagala). Trus apa dong??... pusiiing…
Sepuluh hari lagi ujian smester ganjil bagi mahasiswa Al-Azhar strata satu akan segera dimulai. Hari-hari yang sangat menegangkan, and so pasti bagi semua mahasiswa yang berada dalam jenjang pendidikan strata satu, alias mahasiswa kacangan yang ilmunya masih ceker buanget (belajar kalo ujian).
Parahnya lagi gue masih punya hutang untuk tahun kemaren, naik dengan nilai pas-pasan dan menyisakan satu mata kuliah yang harus diulang bikin pertempuran smester ini makin berat. Harus ekstra hati-hati saat ini, sehingga tidak ada lagi mata kuliah yang tertinggal. Kalau masih ada yang harus diulang tentu saja pendidikan gue di negeri sampah (dimana-mana ada sampah boo…)  ini akan mandeg.
 Huft…
Meja bundar berwarna coklat kini dipenuhi buku-buku yang akan diujiankan, pena, pensil, kertas-kertas kecil sisa sobekan buku tulis, and kamus Mahmud Yunus turut ramaikan pertempuran akbar tahun ini. Tak ketinggalan HP butut kesayangan gue yang ikut andil nyegerin otak kalo udah blank, tentu saja dengan suaranya yang cempreng saat lantunin lagu-lagu pop, dangdut, kasidah ampe nasyid.
Yang harus diulang tahun ini apa Cok?? "Ucok" adalah sapaan gue oleh temen-temen almamater MAPK Koto Baru, sebenarnya nama asli gue Reyhan, wuss… Reyhan keren bener, mungkin karena kurang populer jadinya jarang banget yang manggil dengan nama asli gue, ato mungkin guenya aja yang mirip orang batak kali ya?? Heee… biarin, toh apalah artinya    sebuah nama.
Hmm… apa ya?? Di daftar kuliah sih Mantiq, mata kuliah yang bener-bener susah buat gue pahamin, mata kuliah yang bisa bikin gue mimisan mendadak. Tau nggak lo?? Tahun kemaren gue emang nggak bias jawab satu soal pun dari tiga yang ditanyain, kata orang tunnggu mukjizat aje, mukjizat opo?? Wong emang nggak dapat kok, nggak tinggal kelas aja udah sukur banget.
Masih gue inget pesan bokap waktu ingin ninggalin Indonesia kemaren, "Han menuntut ilmu itu tidak mudah, diibaratkan jika kau ingin makan gulai ayam, maka kau harus tangkap ayamnya, lalu kuliti dan potong-potong. Tak cuma itu, kau harus panjat pohon kelapanya dan kupas kulitnya lalu peras sari patinya, baru dimasak dengan ayam yang udah disiapin". hehehe… sebenarnya nasehat ini bikin gue geli kalo ngingetnya, ada-ada aja, kok menuntut ilmu disamain ama ayam, tapi itulah nasehat, bukankah orang Minang punya semboyan alam takambang jadi guru" yaa to…??.
Jam menunjukkan pukul 12 malam, suasana hening dikamar solah-olah ngasih gue semangat untuk makan semua buku di meja, seakan-akan dinding pun ngasih gue semangat supaya nggak ada lagi mata kuliah yang tidak gue baca. Ayo semangat… maju terus pantang mundur!!!
Akhirnya lembar demi lembar telah gue abisin tanpa sisa, dari satu buku pindah lagi ke buku lain, kalimat dan kata kini udah gue pahami, satu persatu nempel di memori gue, walaupun sebenernya mata dah ngantuk berat, tapi semangat tetap membakar. Sebenernya gue merasa aneh, kok tiba-tiba malam ini semangat gue seperti terbakar, jiwa muda gue bangkit, sifat pantang menyerah mencuat. Biasanya jam delapan gue udah molor dan hanyut dalam mimpi-mimpi indah. Tapi ya udah lah, yang penting sekarang gue udah berubah, dan perubahan itu bikin hati terasa nyaman dan tenang, karena sebagai seorang penuntut ilmu hendaknya kita emang harus bersungguh-sungguh. Cie cie rajin ni ye…
Titititi… tiliiiit… low bet…
Nggak terasa sekarang dah jam dua boy, sampai-sampai HP gue brontak minta makan alias di cas, karena dari tadi tiada henti dendangin and nyanyiin lirik-lirik syahdu buat gue. Kasiaaan…
Capeeekkk…
Mata kayaknya udah mulai lima wat nih, badan lemes muka pucat, gigi gemeteran karena dingin, sumatera tengah mulai demo. Huft… cukup sudah penderitaan gue malam ini, tapi untuk ilmu apapun akan gue lakuin. Hehe… Sebenernya gue udah mau tidur kalu bukan karena… Temen sekamar…

"Cok… Cok…. Ucok… hoi hoi hoi… jago jago… lah jam anam ha… ndak ka solat subuah gai ko??" Ha…!!!
"Bro buku ambo tadi ma??", "yang ma ko??", "itu yang di ateh meja bulek?? Angku rapian yo??" "malo ado buku di meja tu cok, manggigau angku mah, basuah lah muko tu dulu, wudhu, tu solat, lah ampia syuruq ha!", " loh, loh tapi tadi malam ambo kan baraja situ", "eling boy, angku se lalok siap isya, malo ka baraja sampai malam…"
"Ammaaaaaaaaaaaaak….. anak mu mimpi lagi….. ha………." ;

:::Dimuat di Buletin Inspirasi

Tidak ada komentar: